LIGHT UP YOUR LIFE BY CARRING AND GIVING TO OTHERS

Inconsistency antara Data Dictionary dan database

on Sunday, November 28, 2010

Assalamualaikum,

Baru baru ini kami mengalami sebuah kejadian dimana salah satu process TDMS yang kami lakukan gagal karena client copy ke 000 gagal.

Hal ini disebabkan karena beberapa table mengalami inkonsistensi antara data dictionary dan database. Apa penyebab inconsistency ini belum diketahui tapi kemungkinan terjadi pada saat shell creation. Anyway, hal ini mengingatkan saya pada pengalaman 5 tahun lalu, saat itu kami juga mengalami hal yang sama tapi waktu itu konteksnya lebih kepada Transport dan terjadi pada custom table.

Secara umum, inkonsistensi antara data dictionary dan database bisa terjadi karena:

    1. Tabel tersebut diaktifkan melalui cara yang ilegal sehingga hasilnya tidak dapat tercermin ke Database secara sempurna
    2. Pada saat pengaktifan table terjadi error pada database yang menyebabkan gagalnya adjustment proses
Detailnya mungkin bisa kita lihat pada SAP Notes 1248769.
Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana jika inkonsistensi sudah terjadi. Berdasarkan pengalaman saya biasanya akan lakukan beberapa hal:

1. Lakukan quick check kenapa tabel itu inkonsistent lewat System Log, Activation Log etc dan coba perbaikinya dengan mengulangi proses itu (adjustment, transport etc) lewat SAP

2. Sekiranya masih gagal, coba lakukan juga spot check ke database apakah ada problem dengan database.

3. Cara terakhir jika 2 hal diatas tidak berhasil, maka terpaksa kita harus merekonstruksi tabel itu (Lihat OSS Notes diatas).

Cara nomer tiga umumnya digunakan sebagai langkah terakhir dalam memperbaiki inkonsistensi pada transparant table. Berdasarkan pengalaman saya, Alhamdulillah tidak terjadi adanya "loss data" pada proses ini, tapi lain lagi dalam kasus pool table atau cluster table. Tidak ada cara baku untuk memperbaiki inkonsistensi pada pool table, fungsi "reconstruct" tidak bisa dipakai utk table tipe ini.

Adapun cara untuk memperbaikinya tergantung kepada:

1. Apa yang menyebabkan

2. Pada table apa inkonsistensi terjadi

3. Apakah terdapat data dalam table itu

Hati hati dalam memperbaiki inkonsistensi pada cluster atau pool table, salah langkah bisa bisa kita akan kehilangan data pada table tersebut.

Semoga short tips ini bisa bermanfaat bagi.

Wassalamualaikum

0 comments:

Post a Comment