LIGHT UP YOUR LIFE BY CARRING AND GIVING TO OTHERS

Spring is Coming

on Saturday, March 27, 2010

Assalamualaikum,

Wah, rasanya lama juga saya nggak sempat menulis blog (sejak December kalo nggak salah). Kebetulan memang aktifitas agak padat, ditambah lagi urusan administrasi yang memang "never ending" lah.
Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dan yang pasti juga ada hikmah.

Ruang Sholat di SW. Fillipa.
Poland adalah negara yang 90% masyarakatnya Katolik, boleh dibilang yang namanya mesjid itu barang langka, apalagi di kota seperti Krakow. Bahkan disinipun boleh dikatakan tidak ada daging halal, saya menanyakan ini kepada seorang penjual Kebab diujung Jalan , kebetulan dia juga adalah orang Muslim pendatang. Dengan bahasa Inggris yang pas-pas an dia bilang " Krakow, No Halal".  Memang tiap negara pasti ada pro dan kontranya, dan memang ini adalah salah satu konsekuensi hidup di negara yang mayoritas non muslim.

Kalau dari sisi makanan, masih bisa disiasati tapi yang paling menantang adalah mencari tempat Sholat Jumat. Berbekal informasi di Internet, peta google maps dan tekad yang kuat, saya memberanikan diri mencari mesjid. Setelah berjalan 1 jam-an ditengah badai salju, hasilnya nihil :(, malahan boleh dibilang nyasar. Minggu kedua juga sama, seenggaknya kali ini nggak nyasar, tapi tetep aja belum berhasil (bedanya apa yaa ) hehehehe. Alhamdulillah istri ada channel di KBRI, alhasil kami berhasil mendapatkan nomor telpon Imam Liga Muslim Poland di Wroclaw. Bismillah, saya beranikan menelpon beliau, alhamdulillah senang sekali rasanya, ramah sekali orangnya, mengingatkan saya pada akhi Salim dari South Africa. Berkat informasi dari beliau akhirnya saya berhasil mendapatkan Lokasi ruangan sholat Jumat, tepatnya berlokasi di sw. Fillipa. Ruangan tersebut tidak terlalu besar (seperti yg sudah saya duga), tapi alhamdulillah setidaknya saya masih bisa menjalankan kewajiban sekaligus bersilahturahmi dengan saudara saudara seiman dari berbagai belahan dunia. Sebagian besar muslim yang biasa hadir solat Jumat adalah student dari arab, india dan afrika, akan tetapi di Krakow ini alhamdulillah saya bisa bertemu dengan beberapa ikhwan dari Bumi Jihad SyiSyan/ Chechnya.  Sayangnga ruangan solat ini hanya digunakan pada saat solat Jumat, karena boleh dibilang ini dibiayai oleh dana kami sendiri dan bea sewanya adalah perjam. Mohon doanya karena saat ini kami sedang berjuang untuk mendapatkan izin mendirikan mesjid di Krakow, Insya Allah.

First Rain in Spring
Tak terasa waktu berputar begitu cepat, tiga bulan berlalu bagai kilat, musim dingin berganti musim semi. Yup betul, spring is coming. Ini ditandai denga beberapa kali hujan rintik yang terjadi sejak minggu lalu. Suhu udara pun mulai stabil diatas 5 C, rumput rumput mulai menampakkan dirinya dan daun daunan pun mulai muncul. Roda kehidupan kami terus berputar, dan tak terasa umur pun sudah mau bertambah lagi. Makin sedikit waktu yang tersisa untuk berkontribusi bagi Dien ini. Anak anak sudah bertambah besar, bahkan rasanya seperti baru kemarin anak bungsu saya lahir, ternyata sekarang ia sudah hampir setahun. Orang bijak berkata, waktu akan berjalan cepat bagi orang yang menghendaki kehidupan akhirat. Sedangkan bagi orang yang mendambakan kehidupan akhirat maka Ianya akan berjalan lambat.
Sabda Rasulullah saw. yang diriwayatkan Mu'adz bin Jabal, "Tidak akan tergelincir (binasa) kedua kaki seorang hamba di hari kiamat,hingga ditanyakan kepadanya 4 perkara, usianya untuk apa ia habiskan, masa mudanya bagaimana ia pergunakan, hartanya dari mana ia dapatkan dan pada siapa ia keluarkan, ilmunya dan apa-apa yang ia perbuat dengannya." (HR. Bazzar dan Thabrani).

Al-Waqt ka al-saif. Fa in lam taqtha'haa qath'aka (Waktu laksana pedang, jika kamu tidak memanfaatkannya maka ia akan menebasmu).

Ya Rabb, semoga Engkau limpahkan keberkahan bagi umur hamba untuk meningkatkan bakti padaMu dan jadikanlah aku termasuk golongan orang yang menjadikan kampung akhirat sebagain tujuan. Amiin yaa Rabb.

Wassalamualaikum wr wb,

Abu Azzam w Krakowie

1 comments:

Anonymous said...

amiiin ya Robbal alamiin...
jadi pasti teringat... kalo pas berada di negeri yang banyak masjid, jangan disia-siakan untuk meramaikan masjid :-), betul khan... ;-)

Post a Comment