LIGHT UP YOUR LIFE BY CARRING AND GIVING TO OTHERS

Canon VS Nikon (part 1)

on Tuesday, December 8, 2009

Which one is better, Canon or Nikon?
Rasanya untuk pertanyaan seperti ini jawabannya akan bersifat subjectif, kenapa? kedua produsen DLSR ini memanglah yang terbaik didunia dan terbanyak pelanggannya, tapi siapakah yang sebenarnya nomor 1 lalu siapa yang nomor 2? saya akan coba mengulasnya pada postingan kali ini berdasarkan beberapa review dan pengalaman pribadi saya sebagai ex Nikoners.

Jika kita perhartikan seksama trend Camera DSLR, setiap kali either Nikon atau Canon mengeluarkan model kamera baru (new release) dengan feature unik untuk menarik pasar, bisa dipastikan yg lainnya akan menyiapkan model baru untuk menandingi, never ending rivalry.

Artikel  ini dirancang untuk membantu Anda mendapatkan gambaran pada keadaan saat ini Canon vs Nikon DSLR , dengan fokus pada SLRs untuk konsumen dan entry level, bukan yang dibuat untuk para profesional.


Entry-Level Level Kamera

Mari kita mulai dengan pengenalan kamera yang mendapatkan banyak perhatian: Yaitu yang dipakai sebagai entry level/ awal SLR digital fotografer.

Kamera ini sederhana: mereka tidak dipenuhi dengan banyak tombol dan fitur yang dapat membingungkan para pemula.
Sebaliknya, mereka dioptimalkan untuk menghasilkan gambar yang jelas dan terang, serta berwarna-warni tak peduli apakah Anda menggunakannya dalam mode OTOMATIS atau leverage beberapa setting manual.

Canon memiliki dua kamera dalam kategori ini, sementara Nikon memiliki tiga (meskipun D40x telah distop produksinya dan sulit ditemukan):

Canon
Camera
Release Date
Avg. Price

Rebel xTi (400D)
October 2006
$500 USD
Read Guide
Rebel XS (1000D)
August 2008
$470 USD


Nikon
Camera
Release Date
Avg. Price

Nikon D40
December 2006
$450 USD
Read Guide
Nikon D40x
April 2007
$500 USD

Nikon D60
March 2008
$550 USD
Read Guide

Mari kita tengok sekilas atas Canon Rebel XS dan Nikon D60, sebab dua kamera ini merupakan kamera terbaru dalam kategori entry level.

Canon XS
Nikon D60
Megapixels
10.1
10.2
Max Speed
3 photos/sec
3 photos/sec
Autofocus Points
7
3
ISO Range
100 - 1600
100 - 3200
Max Shutter Speed
1/4000
1/4000
LCD Size
2.5 in.
2.5 in.
Dust Control


Image Stabilization


Live View


Extra Dynamic Range


Dimensions
5.0x3.9x2.6in
126x98x65mm
5.0x3.7x2.5in
126x94x64mm
Weight
17.7oz (502g)
18.4oz (522g)
Kedua Kamera ini memiliki banyak kesamaan, sehingga resultnya boleh dibilang seri/tie dalamm hal fitur dan kinerja.


Meskipun Anda tentu dipersilahkan untuk mencoba menentukan yang mana yang lebih baik dari segi"kualitas gambar" (sebuah istilah yang tidak tepat adalah hasil dari berbagai pengaturan kamera), dan meninjau pengalaman menggunakan serta mereview foto, kedua kamera ini, baik Canon dan Nikon telah menunjukkan kepada saya bahwa foto-foto yang ditangkap dari mereka berdua boleh dibilang hasilnya cukup mengagumkan.

Berhubung kameranya sendiri sangat mirip maka kita akan berbicara tentang sesuatu yang sama sekali berbeda: Lensa.

Salah satu perbedaan besar antara Rebel XS dan Nikon D60 adalah bahwa Nikon D60 TIDAK 100% kompatibel dengan lensa-lensa lama Nikon- sementara Rebel XS dapat bekerja baik dengan sejumlah besar Lensa Canon dan lensa produksi pihak ketiga (Tamron, Sigma etc)

Jika Anda mencoba untuk menggunakan lensa pada Nikon D60 yang tidak menyertakan AF-I atau AF-S (internal fokus motor) autofocus tidak akan bekerja - anda hanya bisa melakukan fokus secara manual.

Jadi apa artinya ini bagi Anda -  sebagai konsumen fotografer?

Hal ini akan berdampak bagi fleksibilitas dan TCO memiliki kamera seperti ini untuk jangka panjang:
  • Fleksibilitas - jika pada suatu saat di masa mendatang anda memutuskan ingin lensa khusus yang bagus (untuk satwa liar atau closeups atau arsitektur), pilihan Anda dengan D60 akan terbatas (jika Anda juga ingin agar lensa itu dapat autofocus)
  • Biaya - dengan Rebel XS, anda dapat membeli lensa Canon apa pun yang anda sukai, atau anda juga dapat memilih dari berbagai merek lensa yg diproduksi oleh third party, yang biasanya dari segi harga sering jauh lebih murah dibandingkan dengan lensa produksi Canon (meskipun terkadang harus sedikit mengorbankan kualitas) - sementara dengan Nikon D60, potensi Anda untuk menemukan Good Deal Lens berkurang, karena tidak banyak third party lens yang didesain dengan auto focus motor.
Jadi, keputusan mengenai yang manakah dari kedua kamera ini yang lebih baik digunakan? jawabannya terpulang pada kita, bagaimana kita mau menggunakan kamera itu kedepannya dan plan upgrade yang kita miliki sekirannya kamera tersebut tidak lagi cocok dengan keperluan kita.
Jika Anda berpikir untuk mengganti kamera dan lensa saat Anda mengupgrade, maka baik Rebel XS atau Nikon D60 akan sama saja. Jika Anda ingin membangun koleksi lensa (tanpa menghabiskan banyak uang) di yang dapat digunakan pada kedepannya saat upgrade, maka Rebel XS adalah pilihan yang lebih baik.

(bersambung....)
 
Source: www.digital-slr-guide.com

2 comments:

Danni Nahason said...

Ditunggu kelanjutannya...
Saya masih penasaran nih dgn kehebatan dua provider kamera DSLR ini.
Dari segi warna sepertinya juga berbeda ya bang?
Nikon lebih halus sedangkan Canon lebih tajam.
Iya gak?

Anggana said...

Tergantung, pada berapa Mp kita ambilnya. Tapi utk mode auto saya rasa Nikon lebih unggul daripada Canon dalam hal WB dan ISO.

Post a Comment